BENTUK- BENTUK ENERGI

Konsep bentuk energi tidak terlepas dari perubahan energi, karena yang berubah adalah bentuk energinya. Contohnya yaitu air yang mendidih karena dipanaskan mampu menggerakan baling-baling kertas. Dalam peristiwa ini terjadi perubahan energi dari energi  termal pada air menjadi energi kinetik (gerak) pada baling-baling kertas. Dari peristiwa ini dapat diarahkan pada pemahaman bahwa ada bentuk energi termal (panas) dan bentuk energi kinetik. Contoh peristiwa lain yaitu jika seseorang meletakkan bola di tempat yang lebih tinggi, kemudian bola tersebut menggelinding ke bawah. Pada saat bola berada di tempat yang tinggi dan diam, bola memiliki energi potensial yang akan berubah menjadi energi kinetik. Berikut ini akan dijelaskan tentang macam-macam bentuk energi:

  1. Energi mekanis

Energi mekanis adalah energi total yaitu penjumlahan antara energi kinetik dengan energi potensial. Sebagai contoh energi ini secara sederhana adalah pergerakan piston, putaran poros enkol, dan lain lain. Energi mekanik pada benda-benda yang berputar misalnya poros mesin fluida (turbin, pompa ,atau kompresor) yang dinamakan Torsi, yaitu energi yang dibutuhkan atau dihasilkan benda untuk berputar dengan gaya sentrifugal F dimana energi tersebut pada r tertentu dari pusat putaran dan ditunjukkan oleh persamaan T =

2. Energi thermal

Energi termal merupakan bentuk energi dasar dimana semua energi dapat dikonversikan secara penuh menjadi energi panas. Energi yang tersimpan dapat berupa kalor” laten’ atau kalor “sensibel’ yang berupa entalpi.

3. Energi kinetik 

Energi suatu benda karena bergerak dengan kecepatan V, sebagai contoh yaitu mobil yang bergerak, benda jatuh dan lain-lain.

4. Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada benda karena kedudukannya. Sebagai contoh, energi potensial air adalah energi yang dimiliki air karena ketinggiannya dari permukaan. Sedangkan untuk energi potensial pegas adalah energi yang dimiliki oleh benda yang dihubungkan dengan pegas untuk berada pada kedudukan tertentu karena penarikan pegas.

5. Energi Matahari

Energi matahari adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi sumber daya dalam bentuk lain. Matahari pada dasarnya merupakan satu buah reaktor fusi raksasa yang mengkonversikan bagian dari massa hidrogen menjadi energi panas dan radiasi.

6. Energi Kimia

Energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron dimana dua atau lebih atom atau molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Merupakan bentuk energi yang tersimpan. Dalam energi kimia terdapat reaksi eksothermis dan reaksi endothermis. Reaksi eksotermis adalah jika energi dilepas dalam suatu reaksi, biasa juga disebut reaksi pembakaran yang melibatkan oksidasi dari bahan bakar fosil. Sedangkan reaksi endotermis adalah bila dalam reaksi kimia energinya terserap.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s